Sejarah Penyaluran KPR

By | December 10, 2012
Saat ini KPR menjadi salah satu cara untuk bisa memiliki rumah. Kebanyakan masyarakat yang tidak dapat membeli rumah secara tunai memilih fasilitas KPR sebagai solusinya. Dan saat ini juga mayoritas perbankan di Indonesia telah berlomba-lomba untuk mengembangkan bisnis mereka sebagai penyalur KPR. Tapi taukah kita bagaimana sejarah penyaluran KPR pertama kali?
Kredit Pemilikan Rumah (KPR) pertama kali disalurkan pada tahun 1976, tepatnya pada tanggal 10 Desember 1976 yang diprakarsi oleh Bank Tabungan Negara (BTN), dan dilakukan di Kota Semarang, Jawa Tengah. Oleh sebab itu sampai saat ini Bank BTN memperingati tanggal 10 Desember sebagai hari ulang tahun KPR.
Sampai dengan saat ini penyaluran KPR di Indonesia terus mengalami pertumbuhan.Menurut Data dari Bank Indonesia, pertumbuhan kredit KPR pada 2012 mencapai 43 persen, tumbuh lebih tinggi dibandingkan kredit lainnya.  Hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya minat masyarakat untuk bisa memiliki rumah sendiri dan tumbuhnya sektor properti di Indonesia. Selain itu, pemerintah melalui Kementrian Perumahan Rakyat yang memiliki misi untuk pemenuhan kebutuhan rumah bagi rakyat, juga memberikan dukungan melalui penyaluran KPR bersubsidi. Yang dinamai dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang khusus ditargetkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah.
Kemudahan untuk mendapatkan fasilitas KPR pun menjadi salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan KPR. Dimana saat ini akses untuk mendapatkan KPR bisa ditemui pada hampir semua bank, baik bank pemerintah maupun swasta. Berbagai macam keunggulan produk KPR ditawarkan oleh bank penyedia layanan KPR. Mulai dari gimmick suku bunga yang rendah sampai dengan jangka waktu kredit yang lebih panjang hingga 25 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *