Prof.Khoirul Anwar, Penemu Teknologi 4G yang terinspirasi dari Sun Goku

By | September 14, 2015
Tahukah kita jika penemuan teknik transmisi wireless dengan dua buah fast Fourirer transform (FFT)yang kini dipakai pada teknologi jaringan seluler 4G LTE hanya terinspirasi dari serial anime Dragon Ball. Yaitu ketika Sun Goku (tokoh utama Dragon Ball) akan melayangkan Spirit Ball (Genkidama) yang merupakan jurus terdahsyatnya, Goku akan menyerap semua energi makhluk hidup di alam sehingga menghasilkan energi yang luar biasa.

Jurus Spirit Ball dianalogikan sebagai  turbo equalizer  yang mampu mengumpulkan seluruh energi dari blok transmisi yang ter-delay, maupun blok transmisi terdahulu, untuk melenyapkan distorsi data akibat interferensi gelombang.

Dengan demikian metode ala Genkidama ini dianggap mampu memecahkan masalah teknologi nirkabel dan bisa diterapkan di hampir seluruh system telekomunikasi. Terutama teknologi 4G yang memerlukan kinerja yang tinggi.

Dan tahukah kita juga bahwa penemu sekaligus pemilik paten teknologi tersebut adalah seorang Profesor muda asal Indonesia bernama Khoirul Anwar. Beliau hanya seorang anak desa sederhana asal Kediri yang masa kecilnya sudah bekerja sebagai tukang arit padi untuk membiayai sekolahnya karena kondisi ekonomi orang tua tidak mampu.

Kesimpulan bagi kita adalah bahwa inspirasi dapat datang dari mana saja walaupun itu adalah hal yang kecil dan mungkin disepelekan oleh banyak orang.  Yang terpenting adalah inspirasi tersebut dapat menciptakan  hal yang positif dan bermanfaat. Dan inspirasi juga dapat menuju siapapun. Tidak peduli kita orang kampung atau kota, orang kaya atau miskin, bahkan orang yang berkecukupan ataupun sederhana, semuanya berhak menemukan inspirasi hidup masing-masing.

One thought on “Prof.Khoirul Anwar, Penemu Teknologi 4G yang terinspirasi dari Sun Goku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *