Konsep Pemrograman dengan Java

By | March 7, 2016

Pemrograman dapat diartikan sebagai penyusunan pernyataan menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah secara logis dan sistematis untuk memecahkan suatu permasalahan. 
Bagi seseorang yang baru memulai belajar pemrograman (coding) hal yang terpenting adalah memahami terlebih dahulu konsep dari pemrograman itu sendiri yang bertujuan agar kita bisa memecahkan sebuah masalah yang diberikan pada kasus-kasus pemrograman dengan mudah dan pada akhirnya dapat menuangkannya ke dalam bahasa pemrograman. Adalah suatu kesalahan bila orang yang belajar pemrograman lebih terfokus kepada syntax bahasa pemrograman dibandingkan dengan konsep pemrogramannya. Hal ini akan menyulitkan kita untuk menjadi seorang programmer yang handal.
Berikut ini adalah langkah-langkah dalam memahami konsep pemrograman.

Pertama, tentukan dulu algoritma atau langkah-langkah penyelesaian dari masalah yang diberikan. Contoh kasus, saat kita diberikan sebuah permasalahan untuk menyelesaikan konversi suhu dari celcius ke fahreinheit. Seperti yang kita ketahui dalam skala Celcius titik beku adalah 0 °C dan titik didih adalah 10°C (100 derajat separasi). Sedangkan pada skala Fahrenheit titik bekunya adalah 32 °F dan titik didih pada 212 °F (180 derajat separasi). Maka, jika kita ingin mengkonversi nilai suhu dari Celcius ke Fahrenheit hal pertama kali yang harus dilakukan adalah kita wajib mengetahui dulu rumus konversinya baru setelah itu melakukan perhitungan yang diperlukan.

Misal kita ingin mengetahui berapa nilai 30 °C jika dikonversi ke °F ?
Rumus: [°F] = [°C] * 180/100 + 32 
Solusi: 30*(180/100)+32 = 86 °F

Dalam bahasa pemrograman java adalah:

public class Konversi {

public static void main(String[] args) {
int C = 30;
int F = (C*180/100)+32;

System.out.println(+F);
}
}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *