Nasi Minyak Khas Palembang

By | March 6, 2016
Ini gara-gara tadi pagi pergi ke acara pernikahan anak dari salah satu famili dari palembang. Pada jamuan makan saya mendapati salah satu hidangan khas kampung halaman, khususnya daerah palembang dan sekitarnya. Bukanlah pempek, model, tekwan atau sejenisnya. Tetapi makanan tersebut adalah nasi minyak.
Nasi minyak atau disebut juga nasi samin merupakan hidangan nasi yang khas dari daerah palembang. Biasanya nasi ini kita temui di acara-acara jamuan masyarakat palembang seperti acara pernikahan. Nasi minyak adalah nasi yang dimasak dengan minyak samin, sehingga rasa dan aromanya sangat khas sekali. Warna nasi ini juga khas yaitu kuning kemerah-merahan.
Menu nasi ini sudah sangat populer. Biasanya dalam hidangan nasi minyak disajikan bersama kari ayam dan sambal nanas. Sebenarnya menu ini adalah khas melayu, karena ditemui juga di negeri jiran malaysia. Nasi ini juga mirip dengan nasi kebuli atau nasi biryani.
Bagi masyarakat Palembang sendiri menu nasi ini menjadi menu wajib pada tiap acara jamuan di pesta-pesta dan biasanya sebagai pendamping nasi putih. Saya sendiri setiap mengahadiri acara pesta lebih memilih nasi ini ketimbang nasi Iputih. Maklum sebagai perantauan saya sudah jarang mencicipi menu istimewa ini. Buat anda yang kebetulan menhadiri acara undangan di daerah palembang dan sekitarnya sebaiknya anda mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *