Ketentuan LTV BI Terbaru

By | October 12, 2016
ltv-iconPada tulisan sebelumnya yang berjudul Memahami Loan to Value (LTV), saya sudah menjelaskan mengenai apa itu LTV dan bagaimana cara menghitungnya. Nah dalam tulisan ini saya akan memberikan informasi tentang ketentuan LTV terbaru yang berlaku di Indonesia. Dengan mengetahui tentang ketentuan LTV ini kita menjadi paham tentang batasan-batasan perbankan dalam memberikan kredit kepada calon debitur. Salah satunya terutama tentang berapa batas rasio LTV maksimal dalam pengajuan kredit di Bank serta berapa kira-kira maksimal kredit yang bisa kita dapatkan.
Sejak tanggal 29 Agustus 2016 lalu, Bank Indonesia sebagai pemegang kebijakan moneter di Indonesia melakukan penyempurnaan ketentuan mengenai Rasio Loan to Value (LTV) untuk Kredit Properti serta Rasio Financing to Value (FTV) untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor. Menurut BI Hal tersebut dilakukan untuk mendorong berjalannya fungsi intermediasi perbankan dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan perlindungan konsumen. Penyempurnaan ketentuan dilakukan melalui penerbitan ketentuan baru, yaitu PBI No. 18/16/PBI/2016 tentang Rasio Loan to Value untuk Kredit Properti, Rasio Financing to Value untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PBI LTV/FTV).
Tujuan penerapan ketentuan LTV baru ini sifatnya sebagai relaksasi, supaya bisnis dan kredit properti tetap berkembang dan tumbuh. Dimana nantinya hal ini juga sekaligus menjadi salah satu penggerak perekonomian Indonesia yang belum begitu baik akibat dari lesunya pergerakan perekonomian dunia. Sebagaimana diketahui bahwa bisnis properti adalah motor bagi beberapa industri lainnya seperti konstruksi, bahan bangunan, pengangkutan, dan jasa lainnya.
Berikut rasio LTV dan FTP untuk Kredit Properti (KP) atau Pembiayaan Properti (PP) untuk fasilitas ke-1, fasilitas ke-2, fasilitas ke-3 dan seterusnya:
pbi_181616aa-ltv-082016

LTV BI Terbaru – 2016

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *