Mengapa menulis itu penting?

By | October 13, 2016
nulis Menulis dapat menghasilkan efek positif bagi siapa saja, baik itu untuk yang membaca tulisannya maupun bagi penulis itu sendiri. Banyak sekali orang yang menganggap sepele keuntungan dari menjadi penulis karena merasa menulis itu ribet, susah dapat ide, buang-buang waktu, atau takut tulisannya tidak dibaca orang. Padahal hal tersebut adalah salah besar, karena menulis itu sangat gampang dan dapat dilakukan di waktu-waktu senggang dengan ide-ide yang bisa kita temukan setiap saat. Supaya kita semua termotivasi untuk menjadi seorang penulis maka saya akan menjelaskan hal-hal yang membuat menulis itu penting.
1.    Ekspresi kreatifitas yang bebas. Maksudnya di sini adalah bahwa dengan menulis kita akan bebas dan lepas untuk mengeluarkan segala bentuk kreatifitas yang kita miliki, tidak ada batasan dalam menulis, apapun hobi kita dapat kita sampaikan dengan tulisan. Misalnya kita hobi musik, maka kita dapat mengulas hal-hal yang berbau musik. Atau kita hobi masak, maka kita bisa berbagi resep-resep masakan atau tips-tips membuat masakan yang enak. Simple kan.  Nah tentunya kebebasan di dalam menulis juga dalam arti yang positif ya. Walaupun kita bebas menulis apa saja tentu kita tetap memperhatikan apa manfaat tulisan kita bagi orang yang membaca. 
2.   Menambah pengetahuan. Lho kok bisa? Iya otomatis dong. Dengan menulis secara tidak langsung kita akan membaca banyak referensi untuk mengembangkan ide-ide yang kita miliki dan ingin dituangkan ke dalam tulisan. Oleh karena itu seorang penulis yang baik pasti juga merupakan seorang pembaca yang baik. Semakin kita banyak membaca, maka semakin baik pula kemampuan kita dalam menulis dan akan meningkatkan kualitas tulisan yang kita buat.
3.   Menginspirasi orang lain. Dengan menulis hal-hal yang positif seperti pengalaman kesuksesan yang pernah kita capai tentu akan menjadi hal inspiratif bagi orang lain. Bila tulisan kita disampaikan dengan dengan cara yang baik tentu akan membuat orang semakin tertarik dan mengambil manfaatnya. Apalagi saat ini jamannya orang mencari motivasi dan inspirasi, bukan suatu hal aneh lagi kalau orang mencari-cari artikel yang dapat menginspirasi baik itu dari buku-buku atau dari situs-situs online.
4.    Membuat kita hidup lebih panjang dari umur kita. Karena “Writing is timeless“, atau tulisan itu tak lekang oleh waktu. Maksudnya adalah sebuah tulisan yang kita buat akan selalu ada atau abadi, berbeda jika hanya menjadi sebuah ide yang tidak pernah kita keluarkan dari pikiran dalam otak kita. Jadi walaupun suatu saat nanti kita sudah tidak hidup di dunia ini, tetapi ide-ide atau buah pikiran yang pernah kita tulis dapat selalu dibaca oleh orang lain. Apalagi kita membuat tulisan yang bermanfaat tentu ini akan menjadi amal jariyah yang akan terus mengalir walau kita sudah mati, karena termasuk dalam kategori ilmu yang bermanfaat. Dan orang-orang akan selalu mengenang nama kita sebagai penulisnya. Bukankah sudah banyak contohnya orang-orang berilmu jaman dahulu yang menulis kitab-kitab besar seperti Imam Bukhori namanya selalu hidup sampai dengan saat ini.
5.   Menghasilkan Uang. Ini sih merupakan tingkatan yang lebih tinggi dari pentingnya menulis. Dalam era digital saat ini kita dapat dengan mudah menemukan media-media yang mau menampung tulisan kita. Contoh saja dengan mengirim artikel ke media massa, menulis cerpen atau novel, atau mungkin juga menulis di blog dan menarik banyak viewer agar mendapatkan profit dari iklan yang dipasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *